MENGENAL 5 JENIS FONT DESAIN GRAFIS


        Jenis Font di dunia desain grafis memberikan pengaruh tersendiri dalam menampilkan desain yang dibuat. Pemilihan font yang tepat bagi seorang desain grafis dapat memudahkan dalam menyampaikan pesan, sehingga audiens tertarik untuk membaca lebih banyak. 
    Tentunya sebagai desain grafis harus kreatif dan memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat sebuah desain seperti banner, spanduk, baliho, flyer, logo dan sebagainya. Sehingga pemakaian font terbaik dan unik akan menjadi ciri pembeda dari desain grafis lainnya.



        Berikut 5 jenis font desain grafis yang memiliki bentuk dan fungsi berbeda dalam pemakainnya adalah sebagai berikut:

1. Serif



Font serif merupakan salah satu jenis font yang paling populer. Serif memiliki ciri khas tambahan garis kecil disetiap ujung hurufnya, seperti kait, mata pancing atau sepatu di ujungnya. Garis kecil tersebut dikenal dengan nama counter stroke atau serif bracketed yang berfungsi untuk mempermudah dalam membaca suatu kalimat teks. Contoh jenis font serif adalah Garamond, Times New Roman, dan Georgia.

2. Sans Serif



Font Sans Serif diartikan jenis font yang tidak memiliki garis kecil di setiap ujung hurufnya. Hal ini sesuai arti dari kata Sans itu sendiri yang berasal dari bahasa Perancis memiliki arti 'Tanpa'. Jenis Font Sans Serif ini adalah kebalikan dari font Serif, yang jauh dari kata normal. Jenis font sans serif cenderung menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, efisiensi, lebih tegas dan modern. Contoh jenis font Sans Serif adalah Arial, Tahoma, Century Gothic


3. Slab Serif

Jenis font Slab serif banyak digunakan pada papan iklan, billboard, poster dan pamflet, karena karakteristiknya yang mudah dibaca, dalam ukuran besar. Jenis font ini biasanya menghadirkan kesan vintage pada sebuah karya desain grafis. Ciri jenis font Slab Serif yakni tebal dan berbentuk seperti blok. Karena karakteristik sendiri simpel, jelas dan dan besar. Contoh jenis font Slab serif adalah Rocwell, Courier, Museo, Clarendon dan bevan

4. Script

Jenis Font Script menggambarkan sesuatu yang elegan, natural, dan personal. Font Script bentuknya menyerupai tulisan tegak bersambung dan umumnya digunakan pada tulisan yang singkat, bukan tulisan panjang seperti dalam paragraf.
Contoh jenis font Script adalah Segoe Script, Palace Script MT, Kaufmann BT.


5. Handwritten

Jenis font Handwritten mirip dengan tulisan tangan manusia. Penggunaan jenis Font Handwritten dan  font Script terbilang cukup terbatas. Pada font Handwritten biasanya digunakan untuk sampul buku, poster, dan logo. Font ini memberikan sentuhan kreatif dan unik dalam setiap penggunaannya. 
Contoh jenis font Script adalah Heysweet.