MENGENAL LOCAL AREA NETWORK


Apa itu LAN?
LAN atau Local area network adalah jaringan komputer yang menghubungkan perangkat-perangkat komputer dalam suatu area terbatas, seperti gedung, kantor, atau kampus.
LAN biasanya menggunakan media transmisi berupa kabel UTP, kabel coaxial, atau kabel fiber optic.
LAN adalah sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps

supaya mudah dipahami yuk kita pahami karakteristik LAN
Beberapa karakteristik LAN adalah sebagai berikut.
  • LAN berada dalam ruang lingkup geografi yang lebih kecil, seperti area kantor, kampus, cafe, sekolah, dan rumah.
  • LAN memiliki kecepatan perpindahan data yang tinggi.
  • LAN bisa berfungsi dengan baik tanpa membutuhkan jalur telekomunikasi dan tidak membutuhkan akses internet.
  • LAN ideal digunakan untuk pribadi atau internal karena pengelolaannya melalui administrator lokal.
Perangkat jaringan LAN
Perangkat jaringan LA N adalah perangkat yang kita dibutuhkan agar jaringan LAN bisa diterapkan. perangkat tersebut adalah
  • Router
  • Switch
  • Hub
  • Bridge
  • Repeater
  • Network Interface Card
  • Kabel UTP

Komponen dasar jaringan LAN
Komponen dasar jaringan LAN adalah beberapa komponen dasar jaringan yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer. Inilah beberapa komponen dasar jaringan LAN.
1. Workstation
Workstation adalah host berupa suatu sistem komputer.
2. Server
Server adalah hardware yang berfungsi melayani jaringan dan workstation yang terkoneksi dengan suatu jaringan.
3. Link
Link adalah bagian dari jaringan LAN yang mempunyai fungsi menghubungkan peralatan seperti workstation dan server secara fisik.
4. Network interface card
Network interface card adalah rangkaian elektronika yang dirancang khusus guna menangani network protocol.
5. Network software
Network software di gunakan untuk menjalankan jaringan LAN supaya berfungsi seperti yang seharusnya

Fungsi LAN
Pada dasarnya fungsi LAN adalah untuk menghubungkan beberapa komputer di dalam jaringan agar proses kerja kita menjadi lebih mudah dan cepat. Tetapi dalam jaringan LAN ada beberapa fungsi lainnya seperti di bawah ini.
1. Remote komputer
Di dalam jaringan LAN, melakukan aktivitas remote komputer dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet. Kamu bisa memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan sistem operasi Microsoft.
2. Menghubungkan 2 komputer atau lebih
Fungsi lain LAN adalah 2 komputer bisa di hubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer. Tetapi jika kamu akan menghubungkan lebih dari 2 komputer, kamu membutuhkan perangkat lain seperti Switch atau Hub.
3. Memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain
Selanjutnya, fungsi LAN adalah memungkinkan kamu memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain secara lebih mudah dan simpel. Ini karena jaringan LAN bisa melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer, jadi kamu tak perlu bolak-balik memasukkan flash disk ke komputer atau laptop.
4. LAN chatting
LAN adalah jaringan yang bisa juga di pakai untuk mengirim pesan antar komputer dan bahkan dilakukan tanpa koneksi internet, Sob! Fitur ini dinamakan LAN chatting. Untuk melakukannya, terdapat aplikasi bawaan sistem operasi Windows yang dapat kamu manfaatkan, seperti winchat.exe atau perangkat lunak LAN chatting lainnya.
5. Sharing printer
Seperti telah di jelaskan sebelumnya bahwa fungsi jaringan LAN adalah selain berbagi data, kita juga bisa berbagi printer. Sehingga ini bisa menghemat biaya, lagipula cara melakukannya pun mudah.



Post a Comment

0 Comments