AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF


Modul 1.4 Budaya Positif telah memberikan pemahaman baru bagi saya bagaimana seharusnya menjadi pendidik yang berpihak pada murid. 

Saya banyak belajar bahwa posisi kontrol guru yang paling ideal adalah posisi kontrol manajer. Dengan posisi tersebut kita dapat menerapkan segitiga restitusi dalam menfasilitasi anak lebih bertanggung jawab, percaya diri dan menghargai dirinya sendiri dan keyakinan kelas yang diyakini serta di sepakati di dalam kelas.

Kedepannya saya akan belajar lebih baik dalam menerapkan segitiga restitusi. Hal ini diperlukan untuk menambah kompetensi diri dalam memahami murid yang memiliki keunikannya masing-masing termasuk tindakan atau perilaku mereka.

Modul 1.4 budaya positif sangat memberikan manfaat yang positif bagi saya karena mampu memahami bahwa dibalik perilaku murid ada tujuan dan hal tersebut didasari dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

Kebutuhan dasar manusia ada lima (5) yaitu kebutuhan bertahan hidup, kasih sayang dan rasa dkiterima, penguasaan, kebebasan dan kesenangan. Hal ini, sangat perlu dipahami bagi kita sebagai pendidik dalam menuntun murid kita sesuai kodratnya. 




Post a Comment

0 Comments