Jurnal Fasilitatsi CGP





  • Uraikan secara singkat bagaimana partisipasi dan pemahaman CGP di kelas Anda untuk modul ini. Berikan contoh untuk memperjelas penilaian Anda.

CGP berpartisipasi aktif dan menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. CGP memamahi perbedaan dan persamaan proses pembelajaran pada zaman kolonial dengan proses pembelajaran saat ini, CGP memahami makna pengajaran dan pendidikan, CGP memahami dasar-dasar pendidikan yang menuntun, kodrat alam dan kodrat zaman, budi pekerti dan interpretasi pemikiran KHD.

  • Apa saja pembelajaran (lessons learned) yang Anda dapatkan selama memfasilitasi mereka?
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah bertemu dengan Bapak dan Ibu guru CGP dengan berbagai karakteristik. Keterampilan TIK CGP dalam mengakses LMS yang beragam dan Semangat yang di tunjukkan oleh CGP dalam belajar menjadi motivasi saya untuk lebih bersemangat membersamai dan menfasilitasi CGP pada program guru penggerak.

  • Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar?  (Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini yaitu adanya kemauan dari CGP untuk mempelajari modul, adanya komunikasi yang efektif antara CGP, PP dan Fasilitator, materi yang disajikan jelas dan runtut


  • Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang menjadi tantangan/penghambat pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar? (Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor-faktor yang menjadi tantangan/penghambat pelaksanaan pembelajaran di dalam modul 1.1 ini yaitu koneksi jaringanyang tidak stabil, pemadaman listrik, cuaca yang tidak bersahabat. Hal tersebut tentu akan memberi pengaruh pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan, namun hal tersebut tidak mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran.



  • Dari fasilitasi yang Anda lakukan di modul ini, apa rencana perbaikan yang akan Anda lakukan untuk modul berikutnya?
Rencana perbaikan selanjutnya adalah tetap mengkomunikasikan jadwal pembelajaran tatap maya bersama CGP dan PP, mengkomunikasikan aktivitas pembelajaran, mengingatkan tugas-tugas agar segera dikumpulkan sebelum due date, menginformasikan kepada CGP agar lebih teliti dalam mengunggah tugas di LMS dan mempelajari instruksi tugas dalam LMS dengan baik.

Post a Comment

0 Comments