CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8




Calon Guru Penggerak atau di kenal dengan singkatan CGP merupakan bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). 

Program pendidikan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid Indonesia. Melalui individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah program pendidikan guru penggerak.

Calon Guru Penggerak selama 6 bulan bulan diajak untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan, menggali lebih dalam tentang jati diri, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni.
Semua kegiatan yang dilakukan CGP ini melalui pelatihan daring (dalam jaringan) maupun tatap muka dengan pemodelan pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik/pelatihan.

Calon guru penggerak Angkatan 8 akan mempelajari modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang menjadi titik awal CGP menjadi agen perubahan dan pemimpin pembelajaran dalam transformasi pendidikan di sekolah.

Pada Modul 1.1. ini, CGP akam membahas lebih mendalam, dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya) di tempat asal CGP ; serta bersikap reflektif  kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya terhadap konteks pendidikan di daerah asal Calon Guru Penggerak.

Melalui Program pendidikan guru penggerak ini, CGP diharapkan menikmati proses perjalanan pembelajaran, menjadi seorang pemimpin pembelajar yang berkualitas dan mandiri.
Waktu dan energi yang CGP investasikan dan dipergunakan sebaik-baiknya selama 6 bulan dalam mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 ini dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.

Diharapkan Calon Guru Penggerak "Teruslah bertanya, teruslah menggali dan teruslah belajar!"
Perlu dipahami pada modul 1.1. kompetensi lulusan yang dituju yaitu 

  1. Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran; 
  2. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.

Capaian umum modul 1.1 yaitu :

  1. CGP mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini. 
  2. CGP mampu mengambil pembelajaran dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara untuk diterapkan sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Capaian khsuus modul 1.1 yaitu :

  1. Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD), 
  2. Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan sekolah,
  3. Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar-dasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.

Calon guru penggerak akan memulai pembelajaran pada modul 1.1 di awali dari alur mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata.






Post a Comment

0 Comments